Selasa, 12 April 2011

Game aritmatik menggunakan J2ME


Dewasa ini banyak orang mengalami kejenuhan dengan berbagai macam aktifitasnya. Mereka berusaha mencari suatu sarana untuk dapat menyegarkan kembali fikiran mereka dari kejenuhan aktifitas sehari-hari. Salah satu sarananya adalah dengan permainan atau Game. Banyak orang dari berbagai macam kalangan dapat merasakan serunya bermain Game, apalagi dengan pesatnya teknologi saat ini sarana untuk bermain Game semakin banyak seperti komputer, handphone, playstation, dan lain lain. Game saat ini sering diartikan sebagai pengisi waktu luang saja, akan tetapi Game juga dapat berguna sebagai media untuk mengasah kemampuan dan sebagai sarana edukasi.

Game Aritmatik yang akan dibuat adalah suatu permainan yang membutuhkan konsentrasi, dan dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan otak serta dapat menambah kreatifitas penggunanya. Game Aritmatik ini memiliki tatacara permainan yang cukup sederhana sehingga mudah dipahami dan memudahkan para pengguna handphone untuk memainkannya.

Penulisan Game Aritmatik ini menggunakan bahasa pemrograman java. Pemilihan pemrograman java didasarkan pada keunggulan java dibandingkan bahasa lain, yaitu java dapat diimplementasikan dalam berbagai platform dan hardware yang berbeda, sekalipun pada perangkat yang memiliki kemampuan komputasi terbatas. Edisi java untuk bidang tersebut adalah Java 2 Micro Edition (J2ME).


Perancangan Pembuatan Game Aritmatik

Proses perancangan pembuatan aplikasi Game Aritmatik ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap rancangan tampilan program dan tahap pembuatannya. Pada tahap rancangan tampilan program, akan ditentukan bagaimana bentuk rancangani Game Aritmatik ini.

Tahap selanjutnya adalah pembuatan Game Aritmatik ini sendiri dengan mengimplementasikan perancangan yang telah dibuat sebelumnya menjadi permainan yang dapat digunakan pada handphone.

Rancangan Tampilan Menu Pembuka.

Rancangan tampilan pertama kali saat kita akan masuk ke permainan adalah tampilan awal yang berisi menu pilihan. Pada tampilan awal terdapat file gambar dan tampilan menu pilihan untuk memulai permainan (Start Game), tentang permainan (About), dan pilihan untuk keluar dari permainan (Exit).

Rancangan Tampilan Start Game

ka kita menekan tombol Start Game maka kita akan mulai bermain pada level 1. Tampilan berisi soal –soal yang terdiri dari soal penjumlahan, dimana bilangan yang diberikan akan diacak. Pada tampilan ini juga terdapat keterangan level, level goal, score, waktu, menu, dan exit. Pilihan menu berisi submit dan next, submit untuk menetapkan jawaban dan next untuk beralih ke soal selanjutnya.

Rancangan Tampilan About

Tampilan dibawah ini adalah tampilan jika kita memilih menu pilihan About pada saat tampilan menu pembuka. Tampilan ini berisi tentang penjelasan Game Aritmatik. Tombol Back berfungsi untuk kembali ke tampilan Menu Pembuka.

Pembuatan Aplikasi Game Aritmatik

Sebelum kita mengimplementasikan Game Aritmatik ini, kita perlu mengetahui aplikasi yang dibuat menggunakan Java 2 Micro Edition dengan profile Mobile Information Device Profile (MIDP) yaitu Midlet, yang akan sering kita gunakan pada program aplikasi Game Aritmatik ini.


Membuat Aplikasi

Ketika pertama kali diinstall, Java 2 Micro Edition Wireless Toolkit (J2ME WTK) akan mencari lokasi dimana direktori Java 2 Standard Edition (J2SE) berada. Jika J2ME WTK sudah terinstall dengan benar, lalu kita jalankan shortcut Ktoolbar.Untuk membuat aplikasi, kita harus membuat project baru terlebih dahulu. Caranya kita klik menu New Project yang ada pada J2MEWTK. Dalam program ini kita membuat aplikasi dengan nama Game Aritmatik.Kita masukkan nama project-nya dan nama class yang akan dibuat. Dalam pengisian nama class MIDlet harus sama dengan nama class yang akan kita buat dalam program. Lalu kita diminta mengisi setting yang dibutuhkan dalam program tersebut, misalnya ukuran JAR, nama vendor yang membuat versi MIDlet-nya.

Setelah itu project baru akan terbentuk. J2MEWTK secara otomatis akan menyimpan semua project ke dalam direktori c:/WTK22/apps/. Ketika project terbentuk maka akan didapat empat subderektori di dalam project Game Aritmatik, yaitu bin, lib, res, src. Direktori bin digunakan untuk menyimpan hasil kompilasi MIDlet berupa file .jar dan .jad. Direktori lib digunakan untuk menyimpan file JAR tambahan yang ingin disertakan dalam project. Direktori res digunakan untuk menyimpan file gambar, sedangkan direktori src digunakan untuk kode sumber (source code) yang harus dikompilasi.


Analisis Program

Untuk mengimplementasikan Game Aritmatik ini, diperlukan empat kode sumber. Midlet induk diberi nama GameAritmatik.java, dan yang lainnya diberi nama Menu.java, Game.java, About.java.


Setting ke Handphone

Setelah semua benar dan tidak ada kesalahan ketika program berjalan kita paketkan kompilasi file tersebut dengan memilih menu Project Package Create Package.

Saat pemaketan akan dihasilkan dua buah tipe file yaitu GameAritmetik.jar dan GameAritmatik.jad pada direktori c:\WTK22\apps\GameAritmatik\bin. Untuk memasukkan project Game Aritmatik ini ke dalam ponsel, kita buka my computer lalu kita tuju di direktori mana file tersebut kita simpan. Setelah itu kita kirim file GameAritmatik.jar ke dalam ponsel dengan menggunakan media Bluetooth atau Infrared. Caranya adalah kita pilih file tersebut, lalu klik kanan, pilih menu send to Bluetooth dan pilih ponsel yang kita tuju. Ketika pesan sampai ke dalam ponsel lalu kita buka pesan tersebut maka sistem dalam ponsel akan langsung menginstall file GameAritmatik.jar tersebut.

Pada handphone Nokia seri N70, ketika file tersebut dikirim dari komputer ke handphone melalui Bluetooth akan ada pesan apakah kita mau menerima pesan tersebut. Jika ya tekan yes. Setelah proses pengiriman selesai kita akan menerima sms. Sms tersebut kita buka, system akan menawarkan apakah kita mau menginstall file tersebut, lalu tekan yes. Lalu akan muncul tampilan pilihan dimana kita akan menyimpan aplikasi tersebut, di phone memory atau multimedia card. Setelah kita pilih salah satunya system akan langsung menginstall.

Spesifikasi Minimal Handphone

Untuk dapat menjalankan program ini dengan baik, disarankan agar handphone yang digunakan sudah menyediakan aplikasi Java. Kebutuhan lainnya yaitu media Bluetooth atau Infrared yang sudah built-in di handphone agar dapat dikirimkan ke handphone lainnya. Beberapa handphone yang telah menyediakan aplikasi Java, diantaranya adalah :

  • Nokia N70
  • Nokia E63
  • Nokia E71



Tidak ada komentar:

Posting Komentar